Main Article Content

Abstract

Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki IQ dibawah rata-rata yang diikuti oleh hambatan lainnya. Dampak dari ketunagrahitaan tersebut salah satunya adalah munculnya perilaku maladaptif, yaitu perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Dengan demikian perlu adanya penanganan khusus terhadap perilaku maladaptif tersebut agar menghilangkan stigma negative dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun program intervensi perilaku maladaptif terhadap lawan jenis anak tunagrahita ringan kelas XII di SLB Nurul Iman Dayeuh Kolot. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Program intervensi perilaku ini menggunakan teknik modifikasi perilaku tabungan kepingan dan prosedur aversi dengan bentuk Program Pembelajaran Individual. Saran yang peneliti sampaikan ialah program ini dapat digunakan untuk menangani anak dengan perilaku atau permasalahn serupa yaitu perilaku maladaptif terhadap lawan jenis.

Article Details

How to Cite
K, B. E., Septiana, F., & Dwiyanti, N. (2021). Penyusunan Program Intervensi Perilaku Maladaptif Anak Tunagrahita Ringan Kelas XII dI SLB Nurul Iman Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 47–55. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.568

References

    Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
    Alimin, Z dan Rochyadi, E. (2003). Pengembangan Program Pembelajaran Individual Anak Tunagrahita. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
    Astati & Lis Mulyati. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset.
    E., Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
    Moh. Surya. (1997). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: PPB-IKIP Bandung.
    Mumpuniarti. (2000). Penanganan Anak Tunagrahita (Kajian dari Segi Pendidikan Sosial Psikologi dan Tindak Lanjut Usia Dewasa). Yogyakarta: UNY.
    Nana Syaodih, Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    Purwanta, Edi. (2012). Modifikasi Perilaku (Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
    Soendari, T. (2011). Pembelajaran Individual dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Refika Aditama.
    Somantri, T. Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
    Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.