Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan orientasi mobilitas siswa tunanetra di SLB A YKAB Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunanetra SLB A YKAB Surakarta. Penentuan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposif sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket efikasi diri dan tes kinerja kemampuan orientasi mobilitas. Penelitian ini menggunakan teknik uji validitas isi oleh para ahli (expert judgement) sebagai validator yang selanjutnya dihitung menggunakan Aiken’s V. Pada uji reliabilitasnya menggunakan Interclass Correlation Coefficient dengan bantuan SPSS 26. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis korelasi Sperman Rank. Hasil uji korelasi dalam penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,654 dengan nilai rtabel 0,591, sehingga rhitung ˃ rtabel untuk taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kemampuan orientasi mobilias siswa tunanetra SLB A YKAB Surakarta

Article Details

How to Cite
Mayori, E., Yusuf, M., & Subagya, S. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kemampuan Orientasi Mobilitas Siswa Tunanetra SLB A YKAB Surakarta. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.585

References

    Alwisol. (2008). Psikologi Kepribadian. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
    Bandura. (1997). Self Efficay The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.
    Feist, Jess, & Gregory, J. Feist. (2008). Theories of Personality Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    Feist, Jess, & Gregory, J. Feist. (2010). Teori Kepribadian. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
    Hidayat, A.AS. & Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Bandung: Luxima.
    Hosni, Irham. (1996). Buku Ajar Orientasi dan Mobilitas. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
    King, L.A. (2012). Psikologi Umum: The Scince of Psychology: An Appreciative View (Edisi Terjemahan Brian Marwensdy). Jakarta: Salemba Humanika.
    Kreintner, R. & Kinichi, A. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salmeba Empat.
    Kustawan, D., & Meimulyani. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta: Pt. Luxima Metro Media.
    Munawar, Muhdah dan Suwandi, Ate. (2013). Mengenal dan Memahami Orientasi dan Mobilitas. Jakarta: PT.LUXIMA METRO MEDIA.
    Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2. Alih Bahasa: Prof. Dr. Amitya Kumara. Jakarta: Penerbit Erlangga.
    Pandji, D. dan Wardhani, W. (2013). Sudahkah Kita Ramah Anak Special Needs. Jakarta: PT Elex Media Komputido.
    Pratama, dkk. 2019. “Blind Maps Sebagai Alat Untuk Memudahkan Anak Tunanetra Berorientasi dan Mobilitas di Kampus FKIP UNTIRTA Kota Serang”. Jurnal Unik Pendidikan Luar Biasa. ISSN: 2443-1389.
    Sugiyono. (2010). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Sunanto, J. (2005). Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Depdiknas.
    Turnbull, A., Turnbull, R., Wehmeyer, M. L., & Shogren, K. A. (2013). Exceptional Lives: Special Education In Today’s Schools.Seventh Edition. USA: Pearson.
    Widaningrum, L. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.
    Wahyuno, E. (2013). Orientasi dan Mobilitas. Malang: Universitas Negeri Malang.
    Widjaya, A. (2012). Seluk Beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajaran. Seleman: Javalitera.
    Widjaya, A. (2013). Seluk-beluk Tunanetra & Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: JAVALITERA.