Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian tes tertulis pembelajaran tematik pada penilaian akhir semester. Penelitian dilaksanakan di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi MS, S.H. Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini juga merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan dan pelatihan mempunyai dampak positif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian tes tertulis pembelajaran tematik pada penilaian akhir semester. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan peserta diklat (Guru) terhadap materi yang telah disampaikan oleh narasumber, dimana ketuntasan belajar (pelatihan) meningkat dari siklkus I dan II yaitu masing-masing 66,07% dan 87,50%. Pada siklus II, ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai

Keywords

Penilaian Tes tertulis Tematik Pendidikan dan latihan

Article Details

How to Cite
Triono, T. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Instrument Penilaian Tes Tertulis Pembelajaran Tematik pada Penilaian Akhir Semester Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 144–149. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.602

References

    Alex, Nitisemito. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
    Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
    Depdiknas, (2005). Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan,
    Hajar, Ibnu. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.
    Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
    Kemdikbud. (2014). Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah.
    Kemdikbud. (2014). Penilaian dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
    Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
    Sukidin, dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan kelas. Insan Cendikia.
    ………………, (2007). Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007.