Main Article Content

Abstract

Melakukan pelayanan dan pendampingan dari relawan kepada mahasiswa berkebutuhan khusus dibutuhkan suatu teknologi bantu atau asistif. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan teknologi bantu atau asistif untuk mahasiswa kebutuhan hambatan pendengaran dan penglihatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model Lee dan Owens. Hasil pengembangan aplikasi dilakukan validasi oleh ahli materi menunjukan 87,72 % dan validasi ahli media menunjukan 93, selanjutnya diadakan uji public kelompok kecil kepada 5 mahasiswa berkebutuhan khusus dan 5 relawan/fasilitator. Berdasarkan hasil respon pengguna menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan kemudahan 80%. Media yang dikembangkan ini sesuai dengan tujuan dengan prosentase 92,5%. Media ini juga memberikan kebermanfaatan dalam membantu proses akademik mahasiswa berkebutuhan khusus dengan prosentase 95%. Desain media yang dikembangkan sangat menarik, dan disertai petunjuk yang jelas. Aplikasi di dalam media sangat mudah dipahami oleh mahasiswa berkebutuhan khusus dengan prosentase sebesar 92,5%.

Keywords

Dif-Able Apps Teknologi Asistif Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Article Details

How to Cite
Herviani, V. K., Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I. ., Restian, A. ., Deviana, T. ., & Arifin, B. (2022). Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps” Untuk Mahasiswa dengan Hambatan Penglihatan dan Pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 42–48. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.617

References

    Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107–126.
    Pangestu, M. Y., Wijaya, S. B., Ajay, A., Oktavia, D., Amrullah, M. Z., Ahmadi, A., & Nugraha, H. A. (2019). Peran Perguruan Tinggi Melalui Tech for Kids Dalam Usaha Mendorong Siswa Minat Terhadap Ilmu-Ilmu Teknik. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
    Perianto, E., Rianto, R., Pranowo, T. A., Noormiyanto, F., Hidayat, L., & Ciptadi, P. W. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TUNANETRA (APTUN) BERBASIS TEKNOLOGI ASISTIF UNTUK PENCARIAN KONTEN PEMBELAJARAN MAHASISWA TUNANETRA. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 147–154.
    Pratiwi, A., Lintangsari, A. P., Rizky, U. F., & Rahajeng, U. W. (2018). Disabilitas dan pendidikan inklusif di perguruan tinggi. Universitas Brawijaya Press.
    Purnama, Yudy, dkk. 2020. Educational Software as Assistive Technologies for Children with Autism Spectrum Disorder. Elsevier Journal
    Sidik, S. A., Mulia, D., & Listyaningtyas, R. (2020). PENERAPAN LOW COST ASSISTIVE TECHNOLOGY UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS PENYANDANG TUNANETRA. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 5(1).
    Sugiarmin, M. (2012). Pengembangan Teknologi Asistif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Seting Pendidikan inklusif. Universitas Pendidikan Indonesia.
    Syahminan, S. (2017). Pengaruh teknologi komunikasi terhadap kehidupan beragama masyarakat Kabupaten Aceh Singkil. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.
    William W. Lee, D. L. O. (2004). Mulrimedia-Based Instrucional Design: computer-based training, web-based training,distance broadcast training, performance-based solutions. Pfeiffer An Imprint of Wiley.