Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menyusun Buku Pedoman Pengenalan Organ Kewanitaan sebagai Pencegahan Pelecehan Seksual pada Siswi Remaja Disabilitas di Kota Serang. Pengembangan buku panduan pengenalan organ kewanitaan sebagai pencegahan pelecehan seksual pada siswi remaja disabilitas yang dihasilkan berisikan materi tentang pembelajaran tentang organ kewanitaan yang digunakan sebagai pencegahan kekerasan seksual ada siswi disabilitas. Penilaian kelayakan buku panduan organ kewanitaan mendapatkan rerata penilain 4.25 dari ahli materi sehingga media buku panduan organ kewanitaan dikategorikan dengan kriteria “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan. Nilai 4.00 dari ahli media. Berdasarkan pedoman hasil konversi data kuantitaif ke data kualitatif maka media buku panduan organ kewanitaan dikategorikan “Baik” dan layak untuk digunakan. Mendapatkan rerata penilain 4.27 dari ahli pembelajaran dan media buku panduan organ kewanitaan memperoleh kriteria “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan dan memperoleh penilain dengan kriteria “Baik” pada ujicoba tahap satu dengan rerata penilaian 3.98 dengan kriteria “Sangat Baik” pada ujicoba tahap dua dengan rerata penilaian 4.08. Sehingga dapat disimpulkan media buku panduan organ kewanitaan layak untuk gunakan.

Keywords

Organ Kewanitaan Disabilitas Kekerasan Seksual

Article Details

How to Cite
Reza, R. F. A., Asmiati, N., & Maslahah, . S. . (2023). Pengembangan Buku Panduan Pengenalan Organ Kewanitaan Sebagai Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Siswi Remaja Disabilitas Di Kota Serang Banten. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 57–70. https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i1.696

References

  1. Badan Pusat Statistik. (2020). Kenali Tubuhmu : Menjaga Diri Dari Tindak Pelecehan Seksual. Jakarta : Kementrian Pemberdayaan Perempuan 2020
  2. Emmanuel, Sujatmokno. (2010). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi. vol 7. no n1. hal 187.
  3. Komnas Perempuan. (2020). Laporan Catatan Tahunan Sepanjang 2020. Komisi Nasional Anti Keknerasan Terhadap Perempuan.Hal 24.
  4. Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional). Padang: UNP Press
  5. Sardjono. (1998). Orthopaedagogiek: Tuna Rungu I, Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Ditulis oleh Asep Supena Diterbitkan pada Rabu, 24 April 2013 04:56
  6. Sugiyono, M. P. K. (2008). Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 124.
  7. Tilaar, A.R. 2001. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Widya, Mamad. Modifikasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Adaptif. File.upi.edu

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.