Main Article Content
Abstract
Siswa slow learner memiliki kendala dalam pembelajaran, diantaranya adanya gangguan konsentrasi dan perhatian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran konsentrasi belajar pada siswa slow learner di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan metode naratif. Peneliti melakukan wawancara semi terstruktur pada 5 orang siswa slow learner dari kelas 10 dan 11, dan 5 orang guru, pertanyaan berdasarkan gangguan konsentrasi dalam smith 2014. Analisa data menggunakan Nvivo 14 dengan fitur word cloud dan project map. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar pada siswa slow learner. Siswa slow learner memiliki kesulitan duduk dengan tenang dengan berpindah-pindah tempat duduk, terburu-buru dalam mengerjakan aktivitas praktek, sering berbicara berlebihan, sering barganti-ganti aktivitas, siswa slow learner hanya beraktivitas di dalam kelas, mempunyai kesulitan dalam mempertahankan perhatian, siswa slow learner sering di gangguin teman, Siswa slow learner mempunya kesulitan menjawab pertanyaan dari guru dan teman, siswa slow learner jarang mengerjakan tugas di sekolah, tidak memeperhatikan penjelasan guru di kelas.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Af’idah, I., N., Rosyadah, I., F. & Putri, R., A. (2022). Analisis Gangguan Kecemasan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus pada Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 167-184.
- Evanjeli, A., L., & Anggadewi, T., E., B. (2019). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Sanata Dharma University Press Yogyakarta –
- Evanjeli, A., L., & Anggadewi, T., E., B. (2019). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Sanata Dharma University Press Yogyakarta –
- Gea, M., Betee R., H., Simanjuntak, M., Telaumbanua, J., Lende, A. (2023). Perspektif Filsafat Progresivisme Terkait Siswa Slow Learner Dalam Pembelajaran. KENOSIS: Jurnal Kajian Teknologi 9(1) 88-101
- Hanum Hanifa Sukma, & dkk. (2021). Pembelajaran Slow Learner di Sekolah Dasar. Penerbit K-Media Yogyakarta
- Hasana, W., H., Fatmawati, & Marlina. (2018). Peningkatan Ketahanan Duduk dan Pengurangan Perilaku Meninggalkan Tempat Dudukmelalui TeknikTime Outpada AnakAttention Deficit Hyperactivity Disorder. Jurnal Pendidikaan Berkebutuhan Khusus 2(1) 26-31
- J. David Smith, (2014). Sekolah Inklusif Konsep dan Penerapan Pembelajaan. Penerbit Nuansa Cendekia, Bandung -hal 81
- Nisa, A., F., & Khotimah, N. (2019). Metode Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas(GPPH/ADHD) dalam Kegiatan Belajar. Academica: Jounal of Multidisciplinary Studies, 3(2), 235-248
- Nur Eva, (2015). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi)-hal 38
- Nur Eva, (2015). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi)-hal 37-38
- Nurfadhillah S., Leornadho R., Alia F., Setyadi R., A., Al Damiyah S., R., Berliana N., Gunawan N., A., & Safitri T. (2021). Analisi Faktor Penyebab Anak Lamban Belajar (SLOW LEARNER) di SD Negeri Jelambar 01 Jakarta barat. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3(3) 404-415
- Nurhidayah, & Utami, B., E. (2018). Layana Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner di Sekolah Inklusi (SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta). AL-BADAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 1(2) 272-290
- Oktamarina, L,. Kurniati, F., Sholekhah, M., Nurjanah, S., Oktaria, W., S., Sukmawati, & Apriyanti, T. (2022). Ganggaun Kecemasan (Axiety Disorder) Pada Anak Usia Dini. Bharasumba: Jurnal Multidisipliner, 2(1), 120-134
- Pranintasari, R., & Wachidah K. (2021). Analisis Bullying Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Article type: Elementary Education Method 13 ,1-22
- Rapisa, R., D., & Damastuti, E. (2021). IDENTIFIKASI ANAK DENGAN HAMBATAN AKADEMIK (Kesulitan Belajar Spesifik, Lamban Belajar dan Tunagrahita). Penerbit Komojoyo Press (Anggota IKAPI)
- Riinawati, (2021). Hubungan Konsentarsi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Civid-19 di Sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4) 2305-2312
- Satria, R., M., Al-Hadisi, S., A., & Setiawan, B. (2023). Kesulitan Belajar pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Negeri Inklusi BA 4. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar,7(1), 61-72
- Septiana, I., F., Barnas, A., & Rahmawati, T. (2019). Identifikasi Pengaruh Minat Belajar dengan Hasil Belajar TematikSiswaSlow Learnerdi SD Inklusi Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Berkebutuhan Khusus 3(1) 1-5
- Setyawan, A., Mawarni, D., C., Ghina, B., Yanti, D., R., N., & Alvia, A. (2020). Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Keleyan No 8 Socah Bangkalan . LPPM IKIP PGRI Bojonegoro: Prosiding Nasional Pendidikan, 1(1), 420-230
- Urbayatun, S., Fatmawati, L., Erviana, Y., V., & Maryani, I. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologi Rinagan pada Anak (Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar). Penerbit K-Media Yogyakarta – hal 38
- Urbayatun, S., Fatmawati, L., Erviana, Y., V., & Maryani, I. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologi Rinagan pada Anak (Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar). Penerbit K-Media Yogyakarta -hal 15
- Wahyuhastufi, A. (2016). Identifikasi Hambatan-Hambatan Guru Dalam Pembelajaran di Kelas 3 Sekolah Inklusi SDN Giwangan yogyakarta. Jurnal: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 tahun ke-5 2016.Yogyakarta