Main Article Content
Abstract
Penulisan ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan terhadap anak tunagrahita sedang yang berperilaku maladaptif yakni suka berjalan kelas saat belajar. Penulisan ini bertujuan untuk mengurangi perilaku maladaptif X melalui pengukuhan negatif yakni duduk di kursinya selama 2 menit.Penulisan ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dan teknik analisis visual grafik. Subjek penulisan adalah seorang anak tunagrahita sedang kelas I/C, variabelya dianalisa menggunakan frekuensi. Pada kondisi baseline A1 untuk mengurangi perilaku maladaptif X dengan mean level 21,14. Pada kondisi intervensi dengan mean level 13,07, dan pada kondisi baseline A2 dengan mean level 7,6. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukan pengurangan perilaku maladaptif X secara positif. Overlap data pada analisis antar kondisi pada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) dalam mengurangi perilaku maladaptif X adalah 15%, dan overlap data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) adalah 7%. Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukan bahwa hipotesis dapat diterima, artinya perilaku maladaptif berjalan di kelas saat belajar anak tunagrahita sedang X dapat berkurang melalui pengukuhan negatif
Keywords
Article Details
References
-
Hadi, Purwaka. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta: Depdiknas
Purwanta, Edi. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta : Depdiknas
Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sunanto, Juang, dkk. 2006. Penelitian Dengan Subjek Tunggal: UPI Bandung
Istiqomah, Ana.2013. Pengaruh Bermain dengan Mewarnai terhadap Penurunan Skor Perilaku Maladaptif Anak Usian Prasekolah (3-5 tahun) yang Mengalami Hospitalisasi di Rumah Sakit Kabupaten Kediri. Jurnal Keperawatan Online Vol. 1 No. 2