Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jumlah anak berkebutuhan khusus di Kecamatan Matur. Penelitian ini di latar belakangi oleh belum ada data yang menyatakan berapa jumlah anak berkebutuhan khusus yang ada di Kecamatan Matur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Subjek penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus. Tekhnik pengumpulan data yang di lakukan pada penelitian ini di lakukan melalui, observasi, wawancara dan studi dokumentasi . Hasil dari penelitian ini adalah jumlah anak berkebutuhan khusus berdasarkan usia 7-12 tahun sebanyak 19 orang, usia 13-15 tahun sebanyak 8 orang dan usia 16-18 tahun sebanyak 9 orang. Jumlah anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenis kelamin perempuan 21 orang dan laki-laki 21 orang. Jumlah anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenis hambatan tunadaksa 11 orang , tunanetra 7 orang, tunagrahita 12 orang, tunarungu 4 orang, autis 3 orang anak, downsindrom 3 orang, hiperaktif 1 orang, anak berbakat istimewa 1 orang anak.
Article Details
References
-
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Melong, lexy.J ( 2012 ). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Melong, lexy.J ( 2017 ). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Yuliza Salma, & Fatmawati ( 2019). Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Metode Drilldalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Makrame untukAnak Tunarungu di SLB Bina Bangsa. September 4(3)27-34.
Zulmiyetri, ddk ( 2019 ). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta : PRENADAIVEDIA GROUP