Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dua orang siswa tunagrahita (RA dan MZ) mengalami masalah dalam melakasanakan tata cara berwudhu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media poster dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri II siklus. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas III C yang buka di kelas objek peneltianteman sejawat. Peneliti sebagai pemberi sebagai tindakan dan kolaborator sebagai pengamat. Siklus penelitian yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes (tes lisan dan tes perbuatan). Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan tata cara berwudhu, kemampuan awal anak RA 49,91% dan MZ 43,75%. Siklus I RA meningkat menjadi 75% dan MZ meningkat menjadi 70,83%. Siklus II RA lebih meningkat menjadi 93,75% dan MZ juga lebih meningkat menjadi 89,58%. Dengan demikian dapat disimpulkan tata cara berwudhu anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui media poster
Keywords
Article Details
References
-
Ahnan Maftuh. (2002). Risalah Sholat Lengkap, Surabaya : Bintang Usaha Jaya
Apriyanto Nunung. (2012) Seluk Beluk Tunagrahita. Jogjakarta: Javalitera
Arikunto Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. (2011)Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.
Kemis dan Rosnawati Ati. (2013) Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus tunagrahita.jakarta Timur : PT. Luxima Metro Media
Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. (2013). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo