Main Article Content

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru dan observasi terhadap siswa tunarungu kelas VII SLB Beringin Bhakti Cirebon diketahui siswa mengalami kendala dalam menulis kalimat sederhana. Beberapa faktor yang menjadi penyebabnya antara lain keterbatasan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa tunarungu. Untuk itu, penelitian dilakukan dengan tujuan merancang media pembelajaran activity book dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana; mengetahui hasil uji validasi media pembelajaran activity book; serta mendeskripsikan kemampuan menulis sederhana siswa tunarungu kelas VII SLB Beringin Bhakti dengan menggunakan media pembelajaran activity book. Adapun metode penelitian yang dilakukan penelitian pengembangan. Pada penelitian ini tahap yang dilakukan meliputi studi pendahuluan, pengembangan model, serta uji coba model pada siklus terbatas. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli terhadap media pembelajaran activity book diperoleh rata-rata sebesar 91 % serta hasil penilaian ahli terhadap pengguna media pembelajaran activity book diperoleh rata-rata sebesar 88 %. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran activity book yang telah dirancang layak digunakan dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana. Selain itu juga keberadaan media pembelajaran activity book membantu siswa memahami tentang unsur kalimat serta menulis kalimat.

Keywords

media simple sentences activity book

Article Details

How to Cite
Kurnia, M. D., Arfiyanti, R., & Mudopar, M. (2021). Desain Activity Book dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana pada Siswa Tunarungu SLB Beringin Bhakti. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 127–134. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.589

References

    Arifin, Z. dan Tasai, A. (2004). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademi Pressindo.
    Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Jakarta.
    Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.
    Hs. Widjono. (2007). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
    Khairunnisa, Akmalia. Dkk. (2016). Penggunaan Media Adobe Flash Terhadap Kemampuan Menulis Struktur Kalimat (SPOK) Pada Anak Tunarungu Kelas VII SMPLB di SLB BC Permata Hati Sumedang. Jurnal JASSI anakku Vol 17 No 1. Universitas Pendidikan Indonesia.
    Nurfadilah dan Nurhastuti. (2018). Media Pembelajaran Video Komunikasi Total untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, Vol 6, No. 2 (2018). Retrieved from http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/view/101705
    Ramadhani, Samik, dkk. (2018).Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, VOLUME 4 NOMOR 1 JULI 2018: 12-16. Universitas Negeri Malang.
    Setyawan, D., Tolle, H., & Kharisma, A. (2017). Perancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi Bagi Anak Tuna Rungu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 8, p. 2933-2943, sep. 2017. ISSN 2548-964X. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1716.
    Sudjana, Nana. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offiset
    Sugono, D. (2009). Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Gramedia.
    Sukmadinta, Nana S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.