Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar matematika anak tunadaksa kelas II SDLB Prof. Dr. Sri Soedewi. MS, SH Jambi dan untuk mengetahui aktivitas belajar anak tunadaksa melalui penggunaan model pembelajaran Picture
and Picture pada pembelajaran matematika kelas II SDLB Prof. Dr. Sri Soedewi. MS, SH Jambi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan terdiri dari 5 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi dan wawancara. Hasil
penlitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan dalam hasil belajar matematika. Mulai dari kegiatan awal, inti dan akhir pada siklus I dan II terjadi peningkatan dengan persentase yang cukup baik.

Keywords

Picture and picture hasil belajar matematika tunadaksa

Article Details

How to Cite
Suryati, S. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Anak Tunadaksa Kelas II SDLB. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 158–163. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.603

References

    Dewi, Frisca, Kumala. (2013). Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan
    Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas II SDN Bringin 02 Semarang. Semarang:
    Universitas Negeri Semarang.
    Dimyati, Johni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
    Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
    Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Jakarta: Pusat Pelajar.
    Marlupy, E, Ayu. (2015). Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menyikat Gigi Pada anak Tunagrahita Sedang di SLB YKK Pacitan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
    Miftachudin. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Picture and Picture
    pada Siswa Kelas III SDN Turi 2 Kota Blitar. Malang : Universitas Negeri Malang.
    SLB Prof. Sri Soedewi Masjcun Sofwan, SH Jambi. (2016). Dokumen SLB Prof. Sri Soedewi Masjcun
    Sofwan, SH Jambi.
    _____. 2016. Dokumen Guru, Daftar Penilaian Guru Tahun Pelajaran 2016.
    Werdiyati, Umi. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pengukuran Berat Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Tunagrahita Ringan di SLB Jambi. Jambi: Universitas Jambi.