Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peneliti mendapati seorang anak ADHD yang mengalami kesulitan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan perilaku meninggalkan tempat duduk. Penelitian ini bertujuan untuk meningakatkan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan mengurangi perilaku meninggalkan tempat duduk bagi anak ADHD kelas I di SLB Muftia Rahma.  Jenis penelitian ini eksperimen dalam bentuk subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain penelitian A-B-A, subjek penelitian  seorang anak ADHD dengan gejala hiperaktivitas, data diukur mengunakan durasi untuk melihat berapa lama anak mampu untuk bertahan duduk dalam 30 menit proses pembelajaran berlangsung  dengan stopwatch dan mengunakan frekuensi untuk melihat  berapa kali anak meninggalkan tempat duduk selama 30 menit proses pembelajan berlangsung dengan tally. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa, teknik time out dapat meningkatkan konsentrasi belajar dalam ketahanan duduk dan mengurangi perilaku meninggalkan tempat duduk bagi anak ADHD kelas I di SLB Muftia Rahma sesuai dengan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.

Keywords

Konsentrasi belajar, teknik time out, ADHD

Article Details

How to Cite
Hasanah, H. W., Fatmawati, F., & Marlina, M. (2018). Peningkatan Ketahanan Duduk dan Pengurangan Perilaku Meninggalkan Tempat Duduk Melalui Teknik Time Out pada Anak Attention Deficit Hyperaktivity Disorder. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.24036/jpkk/vol2-iss1/61

References

Read More